Tutorial Mengaktifkan User SA di SQL Server 2008 R2

Secara default untuk settingan user SA di SQL Server belum bisa dipergunakan, untuk itu Anda harus merubah terlebih dahulu settingan default nya supaya login dengan user sa bisa dipergunakan. User SA memiliki fungsi sama seperti hal nya form login yaitu untuk mencegah agar orang lain tidak bisa mengakses akun kita. Atau bisa diartikan juga untuk menjaga keamanan database agar tidak sembarang user bisa masuk ke database kita.

Berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan login user SA di SQL Server 2008 R2 :

  1. Anda pastikan terlebih dahulu jika SQL Server sudah terinstal di komputer. Kemudian buka Database SQL Server tersebut melalui aplikasi SQL Server Management Studio dengan cara login terlebih dahulu dengan menggunakan Windows Authentication seperti gambar dibawah ini.
  2. Setelah itu akan muncul di object explorer. Lalu klik pada bagian SQL Server anda -> Security (klik 2x) -> Logins (klik 2x) -> klik kanan ‘sa’ -> Properties. Langkahnya urut seperti yang dibawah ini.
        
  3. Maka akan masuk tampilan Login Properties sa seperti dibawah ini. Lalu anda ganti password defaultnya sesuai dengan yang anda kehendaki di bagian kolom Password, lalu confirm password tersebut di bagian kolom Confirm Password.

    Kemudian masih pada Login Properties sa anda pilih menu Status kemudian anda rubah Permisision menjadi Grant, dan Login menjadi Enable seperti gambar dibawah ini, lalu klik OK.
  4. Lalu kembali ke awal tampilan object browser, kemudian klik kanan pada SQL Server anda lalu pilih Properties.
  5. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, kemudian setelah itu pilih Security, ubah di bagian Windows Authentications mode menjadi SQL Server and Windows Authentication mode dan bagian Login Auditing menjadi Failed logins only , lalu klik OK.
  6. Proses pembuatan user SA di SQL Server telah selesai, akan tetapi supaya anda bisa menggunakan user SA tersebut anda harus merestart SQL Server. Caranya klik menu windows / run kemudian ketikan “services.msc” lalu tekan ENTER kemudian anda cari SQL Server (SQLEXPRESS) setelah itu klik kanan pada menu tersebut pilih restart seperti gambar dibawah ini.
  7. Mengaktifkan login user SA di SQL Server ini sangat bermanfaat disaat kita membuat koneksi atau module dalam sebuah aplikasi, seperti PHP, VBNet atau yang lain. Pembuatan database pun sudah bisa dilakukan.

Sekian Tutorial Mengaktifkan User SA di SQL Server 2008 R2. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Sumber Referensi : RemotMepetSawah

This entry was posted in Database, Programming, Tutorial and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *